BERITA Direktur Unesco Office Jakarta mengunjungi Pilot SIMBAT di Pulau PariBERITA Direktur Unesco Office Jakarta mengunjungi Pilot SIMBAT di Pulau Pari

BERITA

Direktur Unesco Office Jakarta mengunjungi Pilot SIMBAT di Pulau Pari

Direktur Unesco Office Jakarta mengunjungi Pilot SIMBAT di Pulau Pari

UNESCO Office Jakarta bekerjasama dengan Asia Pasific Center fo Ecohydrology LIPI, Indonesia Global Compact Networks, PDAM Tirtanadi, dan Jaringan Universitas nasional menyelenggarakan "the Final Dissemination Workshop on Promoting Ecological and Eco-hydrological Solutions for Sustainable Water Management in Indonesia and Asia Pacific". Tujuan dari lokakarya ini adalah untuk mempresentasikan pencapaian dan hasil penerapan ekohidrologi sebagai alat untuk mencapai pengelolaan air yang lebih baik dan berkelanjutan.

Lokakarya ini diselenggarakan pada tanggal 27-29 April 2017 di Jakarta. Hari terakhir lokakarya yakni Sabtu, 29 April 2017, seluruh partisipan melakukan kegiatan ekskursi ke Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau Pari menjadi salah satu lokasi proyek peningkatan pengetahuan masyarakat akan ketersediaan dan kualitas air di Pulau Kecil yang merupakan proyek kolaborasi antara Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi LIPI, IGCN, Habitat for Humanity dan APP yang didukung oleh Unesco. Dalam kegiatan eksursi turut hadir bersama rombongan peserta Prof. Shahbaz Khan sebagai Direktur Unesco Office Jakarta. Disamping itu turut serta juga Direktur Unesco Office Filiphina, dan Dhaka.

Rombongan diterima secara resmi oleh Kepala LPKSDM Oseanografi LIPI, Triyono di sekolah satu atap Pulau Pari bersama perwakilan guru dan disambut dengan tarian betawi yang ditarikan oleh siswa sekolah satu atap Pulau Pari. Dalam sambutannya, Triyono mengenalkan Pulau Pari secara umum sebagai Pulau Kecil dan masalah ketersediaan air yang menjadi tantangan kini dan masa depan. Prof. Shahbaz Khan dalam sambutannya menyampaikan penghargaan atas sambutan yang luar biasa oleh sekolah maupun LIPI.

Ekskursi dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke LPKSDM Oseanografi LIPI di sebelah barat Pulau Pari. Peserta melihat pilot sumur imbuhan bawah tanah (SIMBAT) yang dibuat oleh Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI sebagai teknologi meningkatkan resapan air ke dalam tanah. Dr. Dyah Marganingrum selaku peneliti dari Pusat Penelitian Geoteknologi menjelaskan cara kerja SIMBAT kepada peserta.

Kunjungan ke Pulau Pari diakhiri dengan penanaman mangrove di daerah perlindungan biota laut LPKSDM Oseanografi LIPI.

LATEST BERITA

Komunitas Sahabat Pulau Pari Siap Diberdayakan Untuk Masyarakat Pulau PariKomunitas Sahabat Pulau Pari Siap Diberdayakan Untuk Masyarakat Pulau Pari
Kegiatan ini menjadi lanjutan dari program inisiasi LIPI di tahun 2016 yaitu membentuk Komunitas Sahabat Pulau Pari.
LIPI Siapkan SDM untuk Menilai Kondisi Padang Lamun
Dalam rangka menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi dalam melakukan penilaian kondisi padang lamun maka Pelatihan Penilaian Kondisi Padang Lamun diselenggarakan melalui program COREMAP-CTI LIPI di Pulau Pari pada 25-29 April 2017.
Direktur Unesco Office Jakarta mengunjungi Pilot SIMBAT di Pulau Pari
Direktur Unesco Office Jakarta mengunjungi Pulau Pari dalam rangkaian kegiatan "the Final Dissemination Workshop on Promoting Ecological and Eco-hydrological Solutions for Sustainable Water Management in Indonesia and Asia Pacific"
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile