BERITA Kunjungan Edukasi Universitas Nasional dan Rutgers University ke LPKSDMO LIPI di Pulau PariBERITA Kunjungan Edukasi Universitas Nasional dan Rutgers University ke LPKSDMO LIPI di Pulau Pari

BERITA

Kunjungan Edukasi Universitas Nasional dan Rutgers University ke LPKSDMO LIPI di Pulau Pari

Kunjungan Edukasi Universitas Nasional dan Rutgers University ke LPKSDMO LIPI di Pulau Pari

Pulau Pari, 20 Juli 2018 Dalam rangka eksplorasi varietas ekologi dan konservasi biota laut dan pesisir, sebanyak 20 orang mahasiswa yang didampingi dosen dari Fakultas Biologi, Universitas Nasional dan partisipan summer course students dari Rutgers University melakukan perjalanan dan kunjungan ke Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi (LPKSDMO) LIPI di Pulau Pari, Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKpS) di Pulau Pramuka, Pusat Konservasi dan Rehabilitasi Burung Elang di Pulau Kotok Besar, Penangkaran Penyu dan Pelepasan Tukik di Kelapa Dua dan Areal Perlindungan Laut Gosong Pramuka.

Pada kunjungan ke LPKSDMO LIPI di Pulau Pari, rombongan dikenalkan dengan program-program dan aktivitas penelitian yang dilakukan peneliti di Pusat Penelitian Oseanografi dan LPKSDMO LIPI. Bersama Prof. Sam Wouthuyzen, peneliti utama LPKSDMO LIPI dilakukan juga sharing dan diskusi keanekaragaman hayati di Kepulauan Seribu khususnya Pulau Pari. Prof. Sam mengajak rombongan untuk Daerah Perlindungan Biota Laut di Pulau Pari, hasil inisiasi para peneliti LPKSDMO LIPI. Beliau menyampaikan bahwa Pulau Pari telah menjadi laboratorium alam bagi para peneliti, mahasiswa/pelajar untuk melakukan studi lapangan bidang kelautan dan pesisir.

Gugusan Pulau Pari memiliki keunikan tersendiri, karena memiliki 3 ekosistem pesisir tropika penting, yaitu mangrove, padang lamun (seagrass) dan terumbu karang (coral reefs). Disisi lain Pulau Pari menjadi tempat mata pencaharian penting bagi seluruh masyarakat dan sekelilingnya. Keunikan ekosistem ini sejatinya dapat memberikan produk dan jasa lingkungan yang sangat berharga. Namun dapat menjadi ancaman juga ketika pertambahan jumlah penduduk, kekhawatiran berkurangnya sumberdaya hayati di Pulau Pari akibat degradasi mulai menjadi perhatian para peneliti. Herman, dosen bidang Biologi Universitas Nasional menyampaikan melalui sharing pengetahuan dan diskusi terkait kondisi lingkungan terutama biota laut dan pesisir yang mempengaruhi varietas ini menjadi catatan bagi para mahasiswa untuk dapat dibandingkan antara lokasi satu dengan yang lainnya.

LATEST BERITA

Workshop Penguatan Sistem Pendukung Organisasi Sumber Daya Manusia dalam Rangka Mendukung Program Reformasi BirokrasiWorkshop Penguatan Sistem Pendukung Organisasi Sumber Daya Manusia dalam Rangka Mendukung Program Reformasi Birokrasi
Dalam rangka mendukung sistem Reformasi Birokrasi, LPKSDMO LIPI terus berupaya meningkatkan kinerjanya. Upaya Penguatan Sistem Pendukung Organisasi SDM dilakukan dalam bentuk Workshop terkait dengan peningkatan kualitas SDM internal. upaya lain terkait peningkatan kompetensi pegawai turut dilakukan dengan pelatihan singkat untuk peningkatan skill pegawai. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 12-14 Nopember 2018 di Bogor dan diikuti oleh seluruh pegawai PNS LPKSDMO LIPI.
Diseminasi 16 Tahun Loka Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Oseanografi LIPI untuk Negeri
Kegiatan terselenggara sebagai bentuk rasa syukur setelah 16 tahun LPKSDMO LIPI berkiprah di dalam dunia penelitian di Indonesia. di Usia yang ke 16 ini, LPKSDMO mempersembahkan bakti untuk Negeri dalam rangkaian kegiatan Diseminasi dalam bentuk Edukasi kepada Penduduk Pulau Pari khususnya siswa-siswi dari usia TK sampai SD. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-9 Nopember 2018 di Pulau Pari kepulauan Seribu
Pelatihan Metode Survey dan Monitoring Duyung (Dugong dugon) dan Lamun
Tujuan pelatihan adalah mencetak peserta yang memiliki kompetensi dalam melakukan kegiatan survey dan monitoring duyung dan lamun.
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
Other Information Support 5
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile