BERITA LIPI Melakukan Validasi Sistem Sertifikasi Kompetensi Kerja : Penilai Kondisi Terumbu Karang dan Ekosistem TerkaitBERITA LIPI Melakukan Validasi Sistem Sertifikasi Kompetensi Kerja : Penilai Kondisi Terumbu Karang dan Ekosistem Terkait

BERITA

LIPI Melakukan Validasi Sistem Sertifikasi Kompetensi Kerja : Penilai Kondisi Terumbu Karang dan Ekosistem Terkait

LIPI Melakukan Validasi Sistem Sertifikasi Kompetensi Kerja : Penilai Kondisi Terumbu Karang dan Ekosistem Terkait

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Oseanografi dalam Program COREMAP-CTI diberikan tanggung jawab dan tugas melakukan monitoring kesehatan terumbu karang dan ekosistem terkait di kawasan konservasi perairan baik nasional maupun daerah lokasi COREMAP-CTI. Sejalan dengan output COREMAP-CTI yaitu ketersediaan sumberdaya manusia daerah yang mampu melakukan monitoring kesehatan terumbu karang dan ekosistem terkait, maka Pusat Penelitian Oseanografi melalui program COREMAP-CTI melakukan peningkatan kapasitas SDM daerah dalam bentuk pelatihan serta sertifikasi kompetensinya.

Ketersedian data dan informasi hasil monitoring kesehatan terumbu karang diperoleh dengan menggunakan metode yang standar dan dilakukan melalui langkah-langkah ilmiah yang tepat dan benar. Kebutuhan SDM dengan kompetensi tersebut dapat dilakukan dengan pendekatan penguatan kapasitas melalui kegiatan pelatihan dan atau pendidikan khusus monitoring kesehatan terumbu karang dan ekosistem terkait. Kecakapan tenaga monitoring juga harus dapat diukur dan diuji untuk mendapatkan pengakuan dan penerimaan melalui proses penilaian kompetensi atau sertifikasi yang diselenggarakan oleh lembaga tertentu. Oleh karena itu, melalui Program COREMAP-CTI, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI sedang merancang sistem sertifikasi kompetensi kerja Penilai Kondisi Terumbu Karang dan Ekosistem Terkait.

Sertifikasi kompetensi adalah proses pemberikan sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui asesmen kompetensi yang mengacu pada Standar Kerja Kompetensi Nasional Indonesia, atau Regional dan/atau Internasional. Penilaian kompetensi merupakan proses penilaian baik pengetahuan, keterampilan, maupun sikap kerja melalui pengumpulan bukti-bukti yang relevan, untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu. Sedangkan sertifikat kompetensi adalah bukti pengakuan tertulis atas penguasaan kompetensi pada jenis profesi tertentu yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Dalam rangka mengimplementasikan sistem sertifikasi kompetensi pada jabatan kerja penilai kondisi terumbu karang dan ekosistem terkait yang sedang dirancang maka Pusat Penelitian Oseanografi melalui UPT LPKSDM Oseanografi Pulau Pari melakukan validasi terhadap sistem tersebut. Validasi sistem sertifikasi kompetensi dilakukan dengan mengimplementasikan setiap tahapan proses sertifikasi kompetensi dengan mengacu kepada standar/pedoman dari Badan Nasional Setifikasi Profesi (BNSP). Validasi sistem sertifikasi kompetensi kerja ini mengacu kepada standar kompetensi kerja khusus dan skema sertifikasi yang telah dirancang oleh tim perumus tiap jabatan kerja.

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh proses dari setiap tahapan sertifikasi kompetensi kerja dilakukan dan tervalidasi untuk 5 jabatan kerja yakni penilai kondisi terumbu karang, penilai biodiversitas ikan karang, penilai kondisi megabenthos, penilai kondisi padang lamun, dan penilai kondisi komunitas mangrove.

Kegiatan ini dilaksanakan efektif selama 3 hari yakni pada tanggal 22-24 Desember 2016. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Tisna Amidjaja LIPI Jalan Raden Saleh No. 43 Cikini untuk validasi proses pendaftaran dan bertempat di UPT Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi, Pulau Pari-Kepulauan Seribu sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) sewaktu untuk validasi proses uji kompetensi dan keputusan sertifikasi.

Peserta yang mengikuti validasi sistem sertifikasi kompetensi kerja ini berasal dari wilayah COREMAP WB dan ADB maupun Nasional yang memiliki persyaratan sesuai dengan skema sertifikasi dari masing-masing jabatan kerja dan berasal dari unsur Universitas/Perguruan Tinggi, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Lembaga Swadaya Masyarakat. Peserta tersebut telah diperiksa terlebih dahulu potensi dan syarat kecukupannya sesuai skema sertifikasi oleh para asesor kompetensi. Adapun jumlah yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 27 orang.

Output dari kegiatan ini adalah peserta yang mengikuti kegiatan ini dinyatakan kompeten sebagai Penilai Kondisi Terumbu Karang dan ekosistem Terkait dan selanjutnya direkomendasikan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dari Pusat Penelitian Oseanografi sebelum Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sudah berdiri. Jika LSP sudah terbentuk akan dilakukan proses arsisi.

LATEST BERITA

Uji kompetensi di TUK Sewaktu LPKSDMO LIPI LSP P2O Siap Dilisensi BNSPUji kompetensi di TUK Sewaktu LPKSDMO LIPI, LSP P2O Siap Dilisensi BNSP
Proses uji kompetensi melalui tahapan uji mulai dari uji tulisan, lisan, observasi lapangan hingga wawancara.
Peringati HUT RI ke 72 dan HUT LIPI ke 50, LPKSDMO LIPI Launching Ruang Informasi Oseanografi
Ruang Display yang sudah ada kemudian dikembangkan menjadi Ruang Informasi Oseanografi untuk penguatan kapasitas
LIPI Siapkan 20 Orang Calon Penilai Kondisi Komunitas Mangrove Terlatih
Pelatihan yang dibuka langsung secara resmi oleh Dr. Dirhamsyah, Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 17 hingga 23 Juli 2017 di Bali.
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
Other Information Support 5
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile