BERITA LIPI Siapkan 20 Orang Calon Penilai Kondisi Komunitas Mangrove TerlatihBERITA LIPI Siapkan 20 Orang Calon Penilai Kondisi Komunitas Mangrove Terlatih

BERITA

LIPI Siapkan 20 Orang Calon Penilai Kondisi Komunitas Mangrove Terlatih

LIPI Siapkan 20 Orang Calon Penilai Kondisi Komunitas Mangrove Terlatih

Penyelenggaraan Pelatihan Penilai Kondisi Komunitas Mangrove


(Bali, 22 Juli 2017) LIPI melalui program COREMAP CTI kembali menyelenggarakan pelatihan penilai kondisi komunitas mangrove, pelatihan tahun ini sudah mengacu pada kurikulum dan modul yang disesuaikan dengan standar kompetensi kerja khusus yang diterbitkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) – Pusat Penelitian Oseanografi (P2O), LIPI. Pelatihan yang dibuka langsung secara resmi oleh Dr. Dirhamsyah, Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dan dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 17 hingga 23 Juli 2017 di Bali. Pada pembukaan, dalam sambutan dan arahannya Dirhamsyah menyampaikan bahwa sudah saatnya penilai kondisi komunitas mangrove ditingkatkan jumlah orang dan kompetensinya. Karena kondisi saat ini terutama di LIPI masih sangat sedikit tenaga ahli bidang mangrove yang berkompeten. Oleh karena itu peserta diharapkan dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan siap untuk menjadi tenaga potensial yang berkompetensi. Kompetensi individu akan lebih teruji dengan selanjutnya mengikuti sertifikasi di bidang yang sama di LSP yang telah dibangun COREMAP-CTI P2O LIPI. Jenjang kompetensi ini tidak hanya sampai di sertifikasi tapi dapat berlanjut hingga asessor bahkan master asessor di bidang penilaian kondisi komunitas mangrove.


Hilda Novianty, M.Si peneliti Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Oseanografi (LPKSDMO) LIPI sebagai koordinator program pelatihan COREMAP CTI melaporkan bahwa pada pelatihan penilai kondisi komunitas mangrove terdapat 20 orang peserta pelatihan yang terverifikasi dari 36 orang pendaftar lain mewakili instansi, lembaga dan organisasi bidang kehutanan, lingkungan hidup, kelautan dan perikanan yang tersebar di wilayah dampingan COREMAP CTI. Penyelenggaraan pelatihan mengharapkan luaran kegiatan yakni 20 orang peserta yang dilatih nantinya memiliki kompetensi mulai dari pelaksanaan K3, persiapan pelaksanaan penilaian, pemahaman tentang komunitas mangrove dan pengidentifikasian jenis mangrove dengan benar, pengambilan data berdasarkan metode dan prosedur yang benar, pengolahan dan analisis data dengan menggunakan software yang telah ditentukan secara tepat hingga menyusun laporan sesuai dengan sistematika yang ditetapkan.


Praktik Penilaian Kondisi Komunitas Mangrove


Propinsi Bali menjadi pilihan untuk melakukan praktik penilaian kondisi komunitas mangrove tahun ini. Menurut para trainer yang terdiri dari Prof. Pramudji peneliti utama bidang Mangrove P2O LIPI dan I Wayan Eka Dharmawan, M.Si peneliti pertama Loka Konservasi Biota Laut Biak – LIPI kondisi komunitas mangrove di Tahura Bali ini masih dikategorikan cukup baik dijadikan sebagai lokasi untuk praktik dan dapat mewakili kondisi lapangan dimana jenis komunitas mangrovenya beragam dan heterogen. Praktik di lapangan dilakukan di dua titik pengamatan, Tahura wilayah Nusa Dua dan Teluk Benoa.


Titik pengamatan di Tahura Nusa Dua dijadikan sebagai tempat praktik dalam membuat transek/ plot pengamatan dan pengambilan foto hemisphere. Kemudian di titik Teluk Benoa pengamatan dilanjutkan dengan praktik teknik identifikasi jenis komunitas mangrove di lapangan.


LATEST BERITA

Bersihkan Pantai Tingkatkan Kualitas Layanan Pengguna Fasilitas LPKSDMO LIPI Di Pulau PariBersihkan Pantai, Tingkatkan Kualitas Layanan Pengguna Fasilitas LPKSDMO LIPI Di Pulau Pari
Upaya bersih pantai ini dilakukan agar kualitas layanan di LPKSDMO LIPI tetap terjaga dengan baik.
Pemenuhan Pembelajaran Tema Ekosistem Akuatik, Sekolah Menengah Cikal Amri "Plesir" ke Pulau Pari
Pada program plesir yang sudah ada di LPKSDMO LIPI ini, Sekolah Menengah Cikal Amri melakukan kerjasama untuk edukasi mengenai ekosistem dan komunitas lamun dan mangrove.
Memperingati Hari Terumbu Karang Se-Dunia, LIPI Adakan Coral and Beach Clean Up
Aksi “Coral and Beach Clean Up” menjadi salah satu aksi penyadaran masyarakat agar lebih menyadari perlunya menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan lingkungan.
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
Other Information Support 5
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile