BERITA LIPI Siapkan SDM untuk Menilai Kondisi Padang LamunBERITA LIPI Siapkan SDM untuk Menilai Kondisi Padang Lamun

BERITA

LIPI Siapkan SDM untuk Menilai Kondisi Padang Lamun

LIPI Siapkan SDM untuk Menilai Kondisi Padang Lamun

Padang lamun menjadi ekosistem yang terkait dengan ekosistem terumbu karang. Kondisi padang lamun menjadi bagian yang dinilai tutupannya pada program COREMAP-CTI. Ketersediaan sumberdaya manusia (SDM) yang mampu menilai kondisi padang lamun sangat diperlukan terutama dalam menghasilkan data yang valid dengan metode ilmiah yang benar. Untuk itu LPKSDM Oseanografi LIPI yang mendapat mandat dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI melalui program COREMAP-CTI LIPI mempersiapkan SDM daerah lokasi COREMAP-CTI melalui pelatihan.

Pelatihan penilaian kondisi padang lamun diselenggarakan pada 25-29 April 2017 di Pulau Pari. Pelatihan diikuti oleh sebanyak 22 orang yang berasal dari unsur perguruan tinggi maupun dinas kelautan dan perikanan serta lembaga swadaya masyarakat. Hilda Novianty, M.Si selaku koordinator pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan kali ini berbeda karena sudah berbasis kompetensi dengan mengacu kepada standar kompetensi kerja khusus sebagai penilai kondisi padang lamun. Modul yang digunakan telah disesuaikan dengan kompetensi yang harus dicapai oleh setiap peserta sebagai penilai kondisi padang lamun. Pelatihan ini juga sinkron dengan program sertifikasi yang sedang dirancang oleh Pusat Penelitian Oseanografi LIPI melalui lembaga sertifikasi profesi (LSP). Nantinya peserta yang telah mengikuti pelatihan dapat mengikuti uji kompetensi oleh LSP tersebut.

LATEST BERITA

Komunitas Sahabat Pulau Pari Siap Diberdayakan Untuk Masyarakat Pulau PariKomunitas Sahabat Pulau Pari Siap Diberdayakan Untuk Masyarakat Pulau Pari
Kegiatan ini menjadi lanjutan dari program inisiasi LIPI di tahun 2016 yaitu membentuk Komunitas Sahabat Pulau Pari.
LIPI Siapkan SDM untuk Menilai Kondisi Padang Lamun
Dalam rangka menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi dalam melakukan penilaian kondisi padang lamun maka Pelatihan Penilaian Kondisi Padang Lamun diselenggarakan melalui program COREMAP-CTI LIPI di Pulau Pari pada 25-29 April 2017.
Direktur Unesco Office Jakarta mengunjungi Pilot SIMBAT di Pulau Pari
Direktur Unesco Office Jakarta mengunjungi Pulau Pari dalam rangkaian kegiatan "the Final Dissemination Workshop on Promoting Ecological and Eco-hydrological Solutions for Sustainable Water Management in Indonesia and Asia Pacific"
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile