BERITA Memperingati Hari Terumbu Karang Se-Dunia, LIPI Adakan Coral and Beach Clean UpBERITA Memperingati Hari Terumbu Karang Se-Dunia, LIPI Adakan Coral and Beach Clean Up

BERITA

Memperingati Hari Terumbu Karang Se-Dunia, LIPI Adakan Coral and Beach Clean Up

Memperingati Hari Terumbu Karang Se-Dunia, LIPI Adakan Coral and Beach Clean Up

Pulau Pari, 5 Mei 2018. Dalam rangkaian peringatan Hari Terumbu Karang Se-Dunia yang jatuh setiap tanggal 8 Mei, LIPI melalui Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi (LPKSDMO) - LIPI menyelenggarakan aksi “Coral and Beach Clean Up” di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. LPKSDMO – LIPI adalah unit yang memiliki lokasi kampus di Pulau Pari dan sudah 16 tahun berkomitmen dibawah koordinasi Pusat Penelitian Oseanografi untuk mengembangkan kompetensi masyarakat di bidang oseanografi. Pada aksi “Coral and Beach Clean Up” LPKSDMO LIPI mengajak masyarakat terutama sukarelawan yang tergabung dalam Komunitas Sahabat Pulau Pari (Komunitas SAPARI) untuk mendukung komitmen dan kepedulian masyarakat terhadap ekosistem pesisir dan laut terutama ekosistem terumbu karang di Pulau Pari. Pulau Pari memang merupakan salah satu pulau yang memiliki kelengkapan ekosistem pesisir laut, yakni ekosistem terumbu karang, padang lamun dan mangrove yang saling berasosiasi.


Pulau Pari adalah salah satu destinasi wisata pilihan di DKI Jakarta yang mulai banyak dikunjungi wisatawan. Aktivitas perekonomian terkait wisata di Pulau Pari semakin meningkat ditiap tahunnya yang mana memberikan dampak posistif pada peningkatan taraf hidup masyarakat lokal, namun tidak dapat dipungkuri berdampak negatif terhadap ekosistem pesisir dan laut dari berbagai aktivitas wisatawan, seperti membuang sampah tidak pada tempatnya. Indra Bayu Vimono, Kepala LPKSDMO LIPI menyatakan dalam paparannya bahwa kesadaran masyarakat dirasa masih cukup rendah untuk melindungi dan menjaga ekosistem pesisir dan laut, sehingga menimbulkan anggapan bahwa pesisir dan laut menjadi tempat pembuangan sampah gratis, mudah dan praktis.


Aksi “Coral and Beach Clean Up” menjadi salah satu aksi penyadaran masyarakat agar lebih menyadari perlunya menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan lingkungan. Melalui kampanye “Laut Bersih, Terumbu Sehat” LPKSDMO LIPI mengajak hingga 150 orang masyarakat dari berbagai perwakilan komunitas atau organisasi, masyarakat setempat, pelajar, dinas terkait dan umum untuk tergabung dalam aksi coral clean up (pembersihan karang dengan menyelam), sea clean up (pembersihan laut dengan snorkeling), beach clean up (pembersihan pantai/ bagian darat dan pesisir) dan talk show (sharing pengetahuan tentang terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya). Selain itu sebanyak 3 orang perwakilan Miss Scuba Indonesia turut memberikan dukungan dan ikut serta dalam semua rangkaian aksi ini. Niken Rahayu Sepa sebagai koordinator teknis pelaksanaan aksi ini menginformasikan bahwa kampanye ini disampaikan kepada masyarakat melalui komitmen dan deglarasi masyarakat baik secara langsung dilokasi aksi dengan membubuhkan tandatangan dispanduk deklarasi yang disediakan ataupun melalui media sosial dengan mengunggah foto peduli lingkungan, dan mencantumkan hashtag #lautkubersihterumbukarangkusehat #lpksdmolipi.


LATEST BERITA

Workshop Penguatan Sistem Pendukung Organisasi Sumber Daya Manusia dalam Rangka Mendukung Program Reformasi BirokrasiWorkshop Penguatan Sistem Pendukung Organisasi Sumber Daya Manusia dalam Rangka Mendukung Program Reformasi Birokrasi
Dalam rangka mendukung sistem Reformasi Birokrasi, LPKSDMO LIPI terus berupaya meningkatkan kinerjanya. Upaya Penguatan Sistem Pendukung Organisasi SDM dilakukan dalam bentuk Workshop terkait dengan peningkatan kualitas SDM internal. upaya lain terkait peningkatan kompetensi pegawai turut dilakukan dengan pelatihan singkat untuk peningkatan skill pegawai. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 12-14 Nopember 2018 di Bogor dan diikuti oleh seluruh pegawai PNS LPKSDMO LIPI.
Diseminasi 16 Tahun Loka Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Oseanografi LIPI untuk Negeri
Kegiatan terselenggara sebagai bentuk rasa syukur setelah 16 tahun LPKSDMO LIPI berkiprah di dalam dunia penelitian di Indonesia. di Usia yang ke 16 ini, LPKSDMO mempersembahkan bakti untuk Negeri dalam rangkaian kegiatan Diseminasi dalam bentuk Edukasi kepada Penduduk Pulau Pari khususnya siswa-siswi dari usia TK sampai SD. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-9 Nopember 2018 di Pulau Pari kepulauan Seribu
Pelatihan Metode Survey dan Monitoring Duyung (Dugong dugon) dan Lamun
Tujuan pelatihan adalah mencetak peserta yang memiliki kompetensi dalam melakukan kegiatan survey dan monitoring duyung dan lamun.
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
Other Information Support 5
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile