BERITA Pelatihan Penilai Kondisi Biodiversitas Ikan Terumbu KarangBERITA Pelatihan Penilai Kondisi Biodiversitas Ikan Terumbu Karang

BERITA

Pelatihan Penilai Kondisi Biodiversitas Ikan Terumbu Karang

Pelatihan Penilai Kondisi Biodiversitas Ikan Terumbu Karang

Dalam rangka mencetak sumberdaya manusia yang dapat menilai kondisi biodiversitas ikan terumbu karang, melalui program pelatihan Coral Reef Rehabilitation and Management Program – Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI) yang dikoordinatori oleh Hilda Novianty peneliti Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Oseanografi (LPKSDMO) LIPI menyelenggarakan kembali pelatihan untuk penilai kondisi biodiversitas ikan terumbu karang. Dalam laporan yang disampaikan Hilda di pembukaan kegiatan pelatihan bahwa saat ini masih sangat minim jumlah penilai kondisi biodiversitas ikan karang apalagi yang berkompeten dibidangnya.


Pelatihan ini diselenggarakan selama 9 hari yakni dari tanggal 24 Oktober hingga 1 November 2017 dengan menggunakan fasilitas edukasi kelautan di LPKSDMO LIPI, Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pelatihan yang meliputi pemaparan yang berdasar pada kurikulum dengan modul yang sudah tersusun ini menggunakan metode berupa ceramah, diskusi dan presentasi di kelas tertutup dan juga praktik langsung di lapangan.


Pada pembukaan pelatihan, Dirhamsyah selaku Kepala Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI juga mengingatkan kepada peserta bahwasanya kompetensi peserta setelah mengikuti pelatihan ini selanjutnya akan diuji dengan peluang untuk mengikuti uji kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) – P2O, sehingga dapat diakui kompetensinya bila memperoleh sertifikat kompetensi. Persyaratan yang cukup selektif untuk mengikuti pelatihan ini memang diutamakan sehingga dapat mengikuti materi demi materi hingga praktik dengan baik.


Sebanyak 20 orang peserta yang merupakan perwakilan dari instansi/ lembaga, organisasi dan perguruan tinggi di bidang kelautan, perikanan dan lingkungan hidup dari seluruh Indonesia terutama dsari wilayah yang merupakan dampingan COREMAP CTI mengikuti pelatihan ini. Kompetensi yang diharapkan dimiliki peserta yang telah mengikuti pelatihan ini adalah :


• Dapat menerapkan komunikasi dan kerjasama di tempat kerja
• Dapat melaksanakan komunikasi dengan bahasa isyarat penyelaman
• Dapat melaksanakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja dalam penyelaman
• Dapat menyiapkan kegiatan pemantauan biodiversitas ikan terumbu karang
• Dapat menggunakan peralatan SCUBA dan peralatan kerja bawah air
• Dapat melakukan persiapan di lokasi pemantauan biodiversitas ikan terumbu karang
• Dapat melakukan pengambilan data biodiversitas ikan terumbu karang dengan metode Underwater Visual Census (UVC)
• Dapat mengorganisir data hasil pengamatan ikan terumbu karang
• Dapat mengolah data hasil pengamatan ikan terumbu karang
• Dapat membuat laporan hasil penilaian biodiversitas ikan terumbu karang

LATEST BERITA

Peresmian Kampanye Dugong and Seagrass Conservation Project DSCP IndonesiaPeresmian Kampanye Dugong and Seagrass Conservation Project (DSCP) Indonesia
Peresmian kampanye DSCP Indonesia ini diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 2 November 2017 dengan ditandai dengan penanaman bibit lamun sebagai salah satu habitat Dugong.
Pelatihan Penilai Kondisi Biodiversitas Ikan Terumbu Karang
Pelatihan ini diselenggarakan selama 9 hari yakni dari tanggal 24 Oktober hingga 1 November 2017 dengan menggunakan fasilitas edukasi kelautan di LPKSDMO LIPI, Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
Konsolidasi Kepemimpinan Kepala LPKSDMO LIPI Yang Baru
Indra Bayu Vimono dilantik menjadi Kepala Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Oseanografi (LPKSDMO) LIPI yang baru.
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
Other Information Support 5
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile