BERITA Pelatihan Penilaian Kondisi Megabenthos Siapkan SDM untuk DisertifikasiBERITA Pelatihan Penilaian Kondisi Megabenthos Siapkan SDM untuk Disertifikasi

BERITA

Pelatihan Penilaian Kondisi Megabenthos Siapkan SDM untuk Disertifikasi

Pelatihan Penilaian Kondisi Megabenthos Siapkan SDM untuk Disertifikasi

Penyiapan SDM Untuk Disertifikasi


Pelatihan penilaian kondisi megabenthos dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Penelitian Oseanografi Dr.Dirhamsyah, M.A pada tanggal 19 Mei 2017 di Gedung MarBest Center LIPI, Cikini, Jakarta. Dalam sambutan dan arahannya beliau menyampaikan bahwa pelatihan ini diselenggarakan untuk menyiapkan sumberdaya manusia yang berkompeten dan siap untuk disertifikasi. Setiap peserta yang telah mengikuti pelatihan akan direkomendasikan dan diprioritaskan untuk disertifikasi di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pusat Penelitian Oseanografi LIPI yang kini sedang dibentuk. Oleh karena itu kompetensi peserta yang linier dengan bidangnya diharapkan dapat dipertahankan oleh aliansi masing-masing peserta.


Dr. Dirhamsyah, M.A juga menginformasikan kepada peserta bahwa pelatihan kali ini sudah dirancang berbasis kompetensi, dimana mengacu kepada standar kompetensi kerja khusus sebagai penilai kondisi megabenthos. Modul yang digunakanpun telah disesuaikan dengan kompetensi yang harus dicapai oleh setiap peserta sehingga sinkron dengan program sertifikasi di LSP Puslit Oseanografi LIPI.



Pelaksanaan Pelatihan Penilaian Kondisi Megabenthos di Pulau Pari


Kegiatan pelatihan kelautan dilaksanakan selama 7 hari di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Gugusan Pulau Pari dikenal memiliki keunikan karena terdiri atas hamparan keanekaragaman hayati dari 3 ekosistem penting di wilayah pesisir tropika, yakni mangrove, padang lamun (seagrass) dan terumbu karang (coralreefs). Keunikan inilah yang menjadikan Gugusan Pulau Pari sebagai salah satu “laboratorium alam laut”. Tak ayal Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Oseanografi (LPKSDMO) sebagai unit pelaksana teknis untuk pengembangan kompetensi SDM oseanografi, yang berada di Pulau Pari telah menjadi salah satu pusat penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan di Indonesia.


Pada tanggal 19 hingga 26 Mei 2017 lalu, LPKSDMO kembali memfasilitasi kegiatan pelatihan penilaian kondisi megabenthos dengan mengacu modul pelatihan yang telah disusun oleh para peneliti dari Puslit Oseanografi LIPI maupun luar LIPI yakni Ucu Yanu Arbi (peneliti bidang megabenthic), Ludi Parwadani Aji (peneliti bidang megabenthic), Susetiono (peneliti bidang megabenthic), Muhammad Abrar (peneliti bidang terumbu karang), M Husni Azkab (peneliti bidang padang lamun), Isa Nagib Edrus (peneliti bidang ikan karang), Rikoh M Siringoringo (peneliti bidang terumbu karang), dan Munasik (peneliti bidang terumbu karang). Pelatihan ini diikuti oleh 18 orang peserta yang berasal dari unsur dinas kelautan dan perikanan, perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat.


Hilda Novianty, M.Sc selaku koordinator pelatihan, melaporkan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu melakukan penilaian kondisi megabenthos sesuai dengan metode dan prosedur yang benar dan terstandarisasi yakni Metode Benthos Belt Transect. Mata latih yang diajarkan dimulai dari mempersiapkan survey, melakukan pengambilan data hingga pengolahan data, menyusun laporan sesuai dengan format yang ditentukan, komunikasi dan kerjasama di tempat kerja, komunikasi dan prosedur K3 pada penyelaman dan penggunaan peralatan scuba.


LATEST BERITA

Peresmian Kampanye Dugong and Seagrass Conservation Project DSCP IndonesiaPeresmian Kampanye Dugong and Seagrass Conservation Project (DSCP) Indonesia
Peresmian kampanye DSCP Indonesia ini diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 2 November 2017 dengan ditandai dengan penanaman bibit lamun sebagai salah satu habitat Dugong.
Pelatihan Penilai Kondisi Biodiversitas Ikan Terumbu Karang
Pelatihan ini diselenggarakan selama 9 hari yakni dari tanggal 24 Oktober hingga 1 November 2017 dengan menggunakan fasilitas edukasi kelautan di LPKSDMO LIPI, Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
Konsolidasi Kepemimpinan Kepala LPKSDMO LIPI Yang Baru
Indra Bayu Vimono dilantik menjadi Kepala Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Oseanografi (LPKSDMO) LIPI yang baru.
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
Other Information Support 5
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile