BERITA Pemenuhan Pembelajaran Tema Ekosistem Akuatik, Sekolah Menengah Cikal Amri "Plesir" ke Pulau PariBERITA Pemenuhan Pembelajaran Tema Ekosistem Akuatik, Sekolah Menengah Cikal Amri "Plesir" ke Pulau Pari

BERITA

Pemenuhan Pembelajaran Tema Ekosistem Akuatik, Sekolah Menengah Cikal Amri "Plesir" ke Pulau Pari

Pemenuhan Pembelajaran Tema Ekosistem Akuatik, Sekolah Menengah Cikal Amri "Plesir" ke Pulau Pari

Pulau Pari, 2-3 Mei 2018 Sekolah Menengah Cikal Amri adalah salah satu sekolah yang kurikulumnya adalah gabungan antara kurikulum nasional dengan internasional. Sekolah Cikal bukanlah sekolah internasional, namun mendapat akreditasi International Baccaulaureate (IB) dimana sekolah ini bisa berkompetisi secara global. Dian Respati Widianari salah satu guru menyampaikan ketertarikannya terhadap program "plesir" (pendidikan lingkungan pesisir) yang diusung Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi (LPKSDMO) LIPI di kedivisian wisata edukasinya. Menurut beliau akan dapat memenuhi topik pembelajaran siswa mengenai ekosistem akuatik yang saat ini tengah dipelajari siswa-siswi di sekolahnya.


Pada program plesir yang sudah ada di LPKSDMO LIPI ini, Sekolah Menengah Cikal Amri melakukan kerjasama untuk edukasi mengenai ekosistem dan komunitas lamun dan mangrove. Sebanyak 39 orang siswa dan didampingi 5 orang guru, mengharapkan akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman langsung tentang pengenalan dan bagaimana cara mengidentifikasi lamun dan mangrove serta manfaatnya sebagai bagian dari ekosistem laut dan pesisir.


Dr. Nurul Dhewani Mirah Sjafrie, peneliti lamun dari Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI menjadi narasumber pada saat itu menyampaikan pengetahuan melalui materi didalam kelas, dengan memberikan paparan terkait ekosistem padang lamun dan asosiasinya. Dilanjutkan dengan observasi di lapangan, untuk mengetahui jenis lamun apa saja yang ada di Pulau Pari dan cara mengidentifikasinya.


Rahmawati, S.Mn yang turut menjadi fasilitator dan merupakan koordinator divisi wisata edukasi LPKSDMO LIPI menutup pelaksanaan kegiatan plesir tersebut dengan memberikan kuis tentang kelautan dari materi yang sudah disampaikan narasumber. Kemudian penyerahan plakat kepada perwakilan guru dan sertifikat bagi seluruh siswa yang menjadi partisipan.

LATEST BERITA

Tanam 10000 Bibit Mangrove menjadi Puncak Peringatan International Mangrove Daydi Pulau PariTanam 10.000 Bibit Mangrove menjadi Puncak Peringatan “International Mangrove Day”di Pulau Pari
Kepala LPKSDMO LIPI pada kesempatan tersebut menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga dan melestarikan ekosistem pesisir dan laut di Pulau Pari.
LPKSDMO LIPI Dukung Program Ecallogy 2.0 Inisiasi AIESEC Universitas Prasetya Mulya
Ecallogy 2.0 program inisiasi AIESEC Universitas Prasetya Mulya yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konservasi laut
Kunjungan Edukasi Universitas Nasional dan Rutgers University ke LPKSDMO LIPI di Pulau Pari
Pulau Pari telah menjadi laboratorium alam bagi para peneliti, mahasiswa/pelajar untuk melakukan studi lapangan bidang kelautan dan pesisir.
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
Other Information Support 5
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile