BERITA Peresmian Kampanye Dugong and Seagrass Conservation Project (DSCP) IndonesiaBERITA Peresmian Kampanye Dugong and Seagrass Conservation Project (DSCP) Indonesia

BERITA

Peresmian Kampanye Dugong and Seagrass Conservation Project (DSCP) Indonesia

Peresmian Kampanye Dugong and Seagrass Conservation Project (DSCP) Indonesia

Kerjasama Menjalankan Upaya Konservasi Dugong


Direktorat Keanekaragaman Hayati dan Konservasi Laut (KKHL) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia bekerjasama dengan Pusat Penelitian Oseanografi - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2O – LIPI), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) - Insitut Pertanian Bogor (IPB) dan WWF-Indonesia menjalankan upaya konservasi dugong (Dugong dugon) dan habitatnya, yaitu padang lamun, di Indonesia. Informasi terkait status populasi dugong dan habitatnya padang lamun di Indonesia ini masih banyak yang belum diketahui hingga saat ini. Padahal menurut Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 dugong sudah termasuk pada kategori satwa yang dilindungi serta di dalam Apendiks 1 CITES mendapat predikat “Vulnerable” (rentan punah) atau di dalam daftar merah International Union for the Conservation of Nature (IUCN).


Hasil survei kesadaran publik yang sudah dilakukan oleh DSCP-Indonesia mulai awal tahun 2017 menunjukkan bahwa kurang dari 5 % (lima persen) dari 600 orang responden, belum sadar dan tahu tentang status populasi dugong dan lamun sebagai habitatnya. Dengan demikian melalui Dugong and Seagrass Conservation Project (DSCP) Indonesia ini dilakukan kampanye dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kesadartahuan masyarakat di tingkat Nasional akan perlindungan dugong dan lamun di Indonesia.


Pelaksanaan Peresmian Kampanye DSCP Indonesia


Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi terkini dugong dan padang lamun di Indonesia, sekaligus memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang jatuh pada hari Minggu, 5 November 2017, DSCP Indonesia memulai pelaksanaan kampanye edukasi yang diresmikan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Peresmian kampanye DSCP Indonesia ini diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 2 November 2017 dengan ditandai dengan penanaman bibit lamun sebagai salah satu habitat Dugong.


Pelaksanaan peresmian kampanye DSCP Indonesia ini sekaligus mengukuhkan Arifin Putera yang dikenal sebagai aktor Indonesia yang peduli terhadap lingkungan pesisir dan laut menjadi Duta DSCP Indonesia. Berbagai media massa nasional turut mempublikasikan peresmian kampanye yang diselenggarakan dengan menggunakan fasilitas edukasi dan riset kelautan yang disediakan oleh Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Masyarakat Oseanografi (LPKSDMO), Pusat Penelitian Oseanografi – LIPI.


Indra Bayu Vimono selaku Kepala LPKSDMO LIPI ikut mendampingi pelaksanaan peresmian kampanye ini, dan dalam sambutannya beliau menyampaikan dukungan dan ucapan terima kasih karena dipercaya untuk ikut memfasilitasi program DSCP Indonesia ini. Selain itu, Udhi Eko Hernawan yang dikenal sebagai peneliti bidang lamun dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI menjadi salah satu expertise yang menyampaikan materi terkait kondisi dan pentingnya pelestarian padang lamun di Indonesia.


Pada akhir penyelenggaraan tim DSCP Indonesia menyampaikan juga bahwa setelah peresmian di Pulau Pari ini dilakukan, akan dimulai kampanye untuk menggalang partisipasi aktif berbagai pihak dalam upaya perlindungan dan pengelolaan kawasan habitat duyung dan lamun yang dimulai dari lokasi-lokasi strategis seperi Bintan, Kepulauan Riau; Alor, Nusa Tenggara Timur; Tolitoli, Sulawesi Tengah; dan Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.


LATEST BERITA

Peresmian Kampanye Dugong and Seagrass Conservation Project DSCP IndonesiaPeresmian Kampanye Dugong and Seagrass Conservation Project (DSCP) Indonesia
Peresmian kampanye DSCP Indonesia ini diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 2 November 2017 dengan ditandai dengan penanaman bibit lamun sebagai salah satu habitat Dugong.
Pelatihan Penilai Kondisi Biodiversitas Ikan Terumbu Karang
Pelatihan ini diselenggarakan selama 9 hari yakni dari tanggal 24 Oktober hingga 1 November 2017 dengan menggunakan fasilitas edukasi kelautan di LPKSDMO LIPI, Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
Konsolidasi Kepemimpinan Kepala LPKSDMO LIPI Yang Baru
Indra Bayu Vimono dilantik menjadi Kepala Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Oseanografi (LPKSDMO) LIPI yang baru.
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
Other Information Support 5
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile