BERITA Sosialisasi Nasional Skema Sertifikasi Penilai Kondisi Terumbu Karang BERITA Sosialisasi Nasional Skema Sertifikasi Penilai Kondisi Terumbu Karang

BERITA

Sosialisasi Nasional Skema Sertifikasi Penilai Kondisi Terumbu Karang

Sosialisasi Nasional Skema Sertifikasi Penilai Kondisi Terumbu Karang

Inisiasi LIPI Meningkatkan Kompetensi Sumberdaya Manusia Melalui Sertifikasi Kompetensi

LIPI melalui Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP) – Coral Triangle Initiative (CTI) mendukung program nasional untuk pemulihan dan perbaikan serta pengelolaan berkelanjutan sumberdaya hayati terumbu karang di wilayah segitiga karang Indonesia. Salah satu ukuran keberhasilan intervensi LIPI dalam Program COREMAP-CTI adalah peningkatan indeks kesehatan terumbu karang, kelimpahan dan biomassa ikan karang serta ekosistem terkait yang terjaga kondisinya.


Data dan informasi dalam mengukur keberhasilan program didapatkan melalui kegiatan baseline dan monitoring kesehatan terumbu karang dan ekosistem terkait. Sumberdaya tenaga monitoring tersebut disiapkan dalam penguatan kelembagaan yang terdesentralisasi, salah satunya melalui kelembagaan daerah yang mampu merehabilitasi dan mengelola terumbu karang di wilayahnya secara mandiri. Oleh karena itu dalam rangka penyediaan sumberdaya manusia yang berkompeten untuk menilai kondisi kesehatan terumbu karang dan ekosistem terkait, COREMAP-CTI LIPI merancang sistem sertifikasi kompetensi.


Melalui sertifikasi inilah kecakapan tenaga monitoring dapat diukur dan diuji sehingga mendapatkan pengakuan dan penerimaan di berbagai kalangan terkait. Asesmen kompetensi bagi penilai kondisi terumbu karang dilakukan sebagai proses penilaian baik pengetahuan, keterampilan maupun sikap kerja melalui pengumpulan bukti yang relevan untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu.



LIPI Sosialisasikan Skema Sertifikasi

Unit Pelaksana Teknis - Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Oseanografi (UPT-LPKSDMO) Pulau Pari dibawah koordinasi Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI memfasilitasi Program Sertifikasi Kompetensi COREMAP CTI LIPI dengan mempersiapkan prosesi pelaksanaan sertifikasi kompetensi pada jabatan kerja penilai kondisi terumbu karang dan ekosisitem terkait lainnya yang terdiri dari biodiversitas ikan karang, megabenthos, padang lamun dan komunitas mangrove. Pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja sebagai tindaklanjut amanah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi.


Proses uji kompetensi tersebut (sertifikasi) dimulai dengan melengkapi persyaratan yang terdapat dalam skema yang disusun berdasarkan pada standar kompetensi kerja khusus penilai kondisi terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya. Pada skema sertifikasi tertuang persyaratan, ruang lingkup, serta tahapan sertifikasi kompetensi. Secara detail skema sertifikasi mencakup poin-poin untuk pendaftaran, penilaian, keputusan sertifikasi, pemeliharaan sertifikasi, sertifikasi ulang, dan penggunaan sertifikat maupun logo atau penanda.


Dalam dokumen skema sertifikasi tertuang paket kompetensi dan persyaratan spesifik yang berkaitan dengan jabatan atau keterampilan dari seseorang penilai kondisi terumbu karang dan ekosistem terkait.
Sebagai upaya menyebarluaskan proses sertifikasi kepada pihak-pihak terkait dan berkepentingan, maka LIPI mengadakan sosialisasi ini pada 3 lokasi yakni untuk lokasi barat Indonesia pada wilayah COREMAP ADB yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2016 di Batam, dan untuk lokasi timur Indonesia pada wilayah COREMAP WB dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2016 di Makassar, dan berikut dilanjutkan untuk tingkat Nasional pada tanggal 27 Oktober 2016 di Jakarta.



Proses Pelaksanaan Sosialisasi Skema Sertifikasi di Wilayah Barat, Timur Dan Nasional

Peserta sosialisasi skema sertifikasi adalah perwakilan Dinas, Kementerian, Universitas/Perguruan Tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat bidang kelautan dan perikanan. Triyono, Kepala UPT LPKSDMO Pulau Pari selaku koordinator bidang sertifikasi program COREMAP-CTI menyampaikan dalam laporannya bahwa sebanyak total 155 orang (44 orang di wilayah barat, 55 di wilayah timur dan 56 orang di nasional) peserta, undangan, narasumber dan fasilitator mengikuti dan mendukung pelaksanaan sosialisasi skema sertifikasi nasional ini. Beliau juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan para pihak terkait dan berkepentingan dapat mengetahui latar belakang, tujuan, ruang lingkup skema, paket/kemasan kompetensi, persyaratan dasar, hak dan kewajiban hingga proses sertifikasinya.


Dalam arahan dan sambutan kegiatan sosialisasi skema sertifikasi ini, Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dirhamsyah menekankan bahwa LIPI telah banyak menggandeng stakeholder terkait dalam berbagai program yang dijalankan termasuk mengenai sertifikasi bagi penilai kondisi terumbu karang dan ekosistem terkait yang diinisiasi oleh LIPI ini. Harapan kedepan LIPI bisa membentuk LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) untuk mewadahi masyarakat yang memiliki kompetensi di bidang terkait. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa LIPI melalui Pusat Penelitian Oseanografi sedang berupaya mendukung program pemerintahan Presiden Jokowi mnegenai Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan membuka peluang pelatihan dan harapannya nantinya juga sertifikasi bidang kelautan hingga tingkat regional.



LATEST BERITA

Uji kompetensi di TUK Sewaktu LPKSDMO LIPI LSP P2O Siap Dilisensi BNSPUji kompetensi di TUK Sewaktu LPKSDMO LIPI, LSP P2O Siap Dilisensi BNSP
Proses uji kompetensi melalui tahapan uji mulai dari uji tulisan, lisan, observasi lapangan hingga wawancara.
Peringati HUT RI ke 72 dan HUT LIPI ke 50, LPKSDMO LIPI Launching Ruang Informasi Oseanografi
Ruang Display yang sudah ada kemudian dikembangkan menjadi Ruang Informasi Oseanografi untuk penguatan kapasitas
LIPI Siapkan 20 Orang Calon Penilai Kondisi Komunitas Mangrove Terlatih
Pelatihan yang dibuka langsung secara resmi oleh Dr. Dirhamsyah, Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 17 hingga 23 Juli 2017 di Bali.
Other Information Support 1
Other Information Support 2
Other Information Support 3
Other Information Support 4
Other Information Support 5
SITE MAP
KONTAK KAMI
Gedung Tisna Amijaya Lt.2
Jl.Raden Saleh No.43, Cikini
Jakarta Pusat 10330

Telp: +62 21 391 2497
Email: uptlpksdmolipi@mail.lipi.go.id
Riset Bersama, Registrasi Hak Paten, Karir
Other Information Footer Copyright
Copyright © 2015 - PKSDMO Pulau Pari All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
mobile